UNTITLED KARYA WASSILY KANDINSKY



WASSILY KANDINSKY (1866 - 1944)

Dalam karya serigrafi ini Kandinsky lebih cenderung mempraktekkan teorinya tentang komposisi, daripada impresi dan improvisasi sebagai sumber penciptaan karyanya. Dalam komposisi ungkapan seniman yang mengalir lewat perasaan terbentuk secara sadar dan bertahap, walaupun proses itu juga bersifat tidak rasional. Akan tetapi dalam karya ini juga bisa dilihat munculnya spontanitas garis-garis yang lahir dari impulse. Dengan demikian, walaupun tidak dominan, dalam karya ini sebenarnya juga mengandung unsur improvisasi. Pengkategorian sumber penciptaan dalam komposisi, improvisasi dan impresi memang tidak bisa secara ketat dipakai untuk mengklasifikasikan suatu karya. Banyak karya yang didalam banyak mengadung berbagai kategori sumber penciptaan seperti yang telah dipilah-pilah Kandinsky tersebut. Walaupun demikian salah satu kategori itu bisa menjadi pola sumber penciptaan yang paling dominan.

Dalam karya ini tersaji suatu komposisi yang terdiri dari bentuk-bentuk formal dan garis-garis yang bersifat spontan. Bentuk-bentuk geometric segi empat dan segitiga menjadi lebur dalam ritme keseluruhan. Leburnya bentuk-bentuk formal ini dikarenakan masuknya elemen-elemen biomorphic di dalamnya dan keseimbangan gerak oleh bentuk bulatan serta garis yang meliuk. Sejak masih bergulat pada kelompok ekspresionis De Blaue Reiter, ia telah menunjukkan gejala kepeloporan dengan penghilangan fungsi objek-objeknya. Pada bagian itu menunjukkan munculnya sifat analitik. Di pihak lain ia dikenal mempunyai intuisi yang meluap pada kesegaran warna, ritme garis dan bentuk. Dalam karya serigrafi ini seluruh elemen garis, bentuk dan warna hadir sebagai ritme musical yang bisa merefleksikan kekuatan intelektual dan ketajaman intuisi Kandinsky.

Tanpa Judul / Untitled

Serigrafi / Seriegraphy, 50 x 65 cm, Inv. 97/SG/C



(Artikel dan gambar diambil dari www.galeri-nasional.or.id/galeri-nasional/)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
coompax-digital magazine